Visi Satuan Komunitas Pramuka Sekolah Islam Terpadu

Kami generasi muda yang gigih
Bertekad kuat membangun negri
Agar Indonesia membumbung tinggi
Harum semerbak se antero bumi

Pramuka SIT Indonesia
Dengan iman kami terus melangkah
Pramuka SIT Indonesia
Dengan TAQWA kami meraih cita
TANGGUH, TANGKAS, TEGUH di dalam jiwa
Pramuka SIT Indonesia

Demikian syair yang menggema saat pembukaan Perkemahan Ukhuwah Nasional (KEMNAS) ke 2 Pramuka SIT pada 12 Januari 2012 lalu. Syair tersebut merupakan Mars yang mengandung semangat juang tersebut di nyanyikan oleh  Justice Voice, sebuah tim Nasyid yang sangat akrab di kalangan anak muda Muslim Indonesia.

Mars yang menggetarkan jiwa dan membangkitkan patriotime tersebut ditulis oleh Kodar Slamet seorang penyair yang juga tokoh di Sekolah Islam Terpadu dan Sukro Muhab yang kini menjabat ketua umum JSIT sekaligus ketua Majelis Pembimbing Nasional Pramuka SIT.

Ide syair tersebut sesungguhnya bersumber dari Filosofi  Pramuka yang merupakan sekelompok pemuda yang gigih yang terus melangkah meraih cita-cita mulia. Kata Iman dalam syair tersebut merupakan penegasan bahwa landasan berfikir dan berkarya bagi seorang anggota Pramuka adalah keyakinannya terhadap Allah Yang Maha Esa, sebagaimana tercantum dalam butir pertama Dasa Dharma Pramuka.

Sementara kalimat TAQWA , TANGGUH, TANGKAS dan TEGUH merupakan penggalan dari Visi Pramuka SIT yaitu "Menjadikan Taqwa, Tangguh, Tangkas dan Teguh dalam pribadi yang sholihah". Penjabaran dari Visi Pramuka SIT yang biasa disingkat 4-T tersebut adalah sebagai berikut :
  1. TAQWA: memiliki keimanan yang kokoh, ibadah yang benar, amal yang baik
  2. TANGGUH: memiliki kekuatan, kesabaran dan kesetiaan tak mengenal lelah 
  3. TANGKAS: memiliki keterampilan yang berlandaskan kecerdasan dan kecepatan dan selalu siap sedia
  4. TEGUH: memiliki keyakinan, percaya diri, berfikiran positif dan amanah
Demikian sebuah cita-cita mulia dari Satuan Komunitas Pramuka Sekolah Islam Terpadu (SAKO Pramuka SIT). Semoga dapat senantiasa menjadi Penyemangat, Penguat dan Pengingat bahwa membangun generasi muda Indonesia perlu kesungguhan, dedikasi, kesetiaan dan pengorbanan. (FIK)

0 Response to "Visi Satuan Komunitas Pramuka Sekolah Islam Terpadu"

Post a Comment