Peran Pendidikan Islam dan 4 Pilar Pendidikan yang harus Anda Ketahui

Heni Fatonah, S.Pd (Kepala SDIT Madani)
Pendidikan Islam memainkan peranan yang sangat penting dalam mempersiapkan generasi menghadapi era yang penuh dengan tantangan. Pendidikan harus mampu menyelenggarakan proses pembekalan pengetahuan, penanaman nilai, pembentukan sikap dan karakter, pengembangan bakat, kemampuan dan keterampilan, menumbuh kembangkan potensi akal, jasmani dan ruhani yang optimal, seimbang dan sesuai dengan tuntutan zaman. Pendidikan juga harus mampu Melahirkan anak anak manusia yang kreatif dan mampu berperan aktif dalam memproduksi kemaslahatan yang menumbuhkan kemanfaatan bagi hidup dan kehidupan, mengantarkan kita menjadi bangsa yang beradab: sejahtera lahir dan batin.
Arah pembinaan SDM melalui jalur pendidikan seharusnya memperhatikan konsekwensi logis dari perkembangan era global, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, perubahan dan peristiwa yang terjadi di tengah masyarakat serta harapan tentang masyarakat dunia masa depan. “Komisi Internasional Untuk Pendidikan Abad Dua Puluh Satu” dalam laporannya ke UNESCO, mengajukan rumusan tentang empat pilar pendidikan yaitu:
  1. Learning to live together: belajar untuk memahami dan menghargai orang lain, sejarah mereka dan nilai nilai agamanya.
  2. Learning to know: penguasaan yang dalam dan luas akan bidang ilmu tertentu, termasuk di dalamnya leraning to how
  3. Learning to do: belajar untuk mengaplikasi ilmu, bekerjasama dalam team, belajar memecahkan masalah dalam berbagai situasi
  4. Learning to be: belajar untuk dapat mandiri, menjadi orang yang bertanggung jawab untuk mewujudkan tujuan bersama.
Keempat pilar pendidikan masa depan itu kemudian diterjemahkan ke dalam format sekolah yang diharapkan mampu membantu peserta didik untuk menguasai kompetensi yang berguna bagi kehidupan di masa depan, yaitu: kompetensi keagamaan, kompetensi akademik, kompetensi ekonomi, dan komptensi sosial pribadi. Dalam istilah Moss-Kanter, SDM masa depan adalah SDM yang world class, yang mampu menjadi seorang kosmopolitan, yakni orang yang memiliki kemampuan konsepsi (concept), kompetensi (competence) dan memiliki jaringan global (connections). Dikutip dari buku: Standart Mutu Sekolah Islam Terpadu – Jaringan Sekolah Islam Terpadu

0 Response to "Peran Pendidikan Islam dan 4 Pilar Pendidikan yang harus Anda Ketahui"

Post a Comment